Kegiatan

Tasyakuran Khotmil Qur’an Bil ghoib

Sabtu malam (20/11/21) telah berlangsung acara tasyakuran di Pondok Pesantren Al Fattah. Tasyakuran ini dilaksanakan sebagai tanda syukur karena telah hatamnya hafalan dari Gus Ulil. Acara tersebut dilaksanakan dengan penuh kehidmatan oleh para santri, baik putra ataupun putri dari semua angkatan. Selain dihadiri oleh para santri, acara tersebut juga dihadiri oleh Dr. KH. Moh Mahbub, S.Pd., M.Si. dan Dr. Hj. Kamila Adnani, M.Si., selaku pengasuh Pondok Pesantren Al Fattah.

Gus Ulil Atau yang memiliki nama lengkap Ulil Albab Abdallah merupakan putra kedua dari Bapak Muhammad Mahbub dan Kamila Adnani selaku pengasuh Pondok Pesantren Al Fattah. Beliau merupakan seorang santri dari salah satu pondok tahfidz di Kota Kudus, yaitu Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan. Pada hari Selasa (16/11/21), beliau melakukan tes haflah dan Alhamdulillah pada hari berikutnya beliau dinyatakan lulus dalam haflah tersebut. Untuk merayakan kelulusan beliau, maka dilaksanakanlah tasyakuran hataman hafalan Al Qur’an.

Sebelum tasyakuran dimulai, para santri melaksanakan sholat maghrib berjamaah, dimana untuk santri putra berjamaah di masjid dan untuk santri putri berjamaah di aula Pondok Pesantren AL Fattah. Setelah sholat, semua santri dikumpulkan di aula untuk melaksanakan acara tasyakuran. Acara tersebut diawali dengan Muqoddaman atau yang biasa dengan pembacaan Al Qu’an oleh para santri. Setiap santri mendapatkan pembagian 1 juz Al Qur’an untuk dibaca. Kemudian dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh pengasuh Pondok Pesantren Al Fattah.

Tak lupa pula pembacaan doa khotmil Qur’an oleh Gus Ulil yang didalam doa tersebut diharapkan keberkahan dari hafalan Al Quran beliau, Kemudian acara diakhiri dengan khitobah atau pidato singkat oleh lurah putri Ponpes Al Fattah dengan tema Malu.

Demikianlah serangkaian acara tasyakuran yang dilaksanakan di Ponpes Al Fattah, semoga dari terlaksananya kegiatan tersebut, Gus Ulil menjadi min ahlil Qur’an yang selalu diridhoi oleh Allah SWT, dan semoga para santri Ponpes Al Fattah mendapatkan keberkahan dari ilmu beliau. Aamiin aamiin YRA.

About the author

Redaksi PP Al-Fattah

Redaksi PP Al-Fattah

Website dikelola oleh tim redaksi Pondok Pesantren Al-Fattah

Add Comment

Click here to post a comment