Artikel Khazanah

Memasuki Bulan Safar, Berikut Doa yang Dapat Kita Baca

masrawy.com

Diterangkan dalam kitab Kanz al-Najah wa al-Surur, sebagaimana yang dinukil dari perkataan para Ulama dan Shalihin, bahwa pada hari Rabu terakhir(Rebo Wekasan) dari bulan Shafar akan turun bala’ yang besar. Dan barangsiapa ingin selama dari bala’ tersebut, para ulama menganjurkan untuk membaca doa di ini pada awal bulan Shafar. Begitu juga pada Rabu terakhir bulan Shafar. Barang siapa berdoa dengan doa tersebut, maka Allah akan menyingkirkan dari keburukan bala’ yang akan turun. Berikut doa awal bulan Shafar,

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ، وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شَرِّ هَذَا الزَّمَانِ وَأَهْلِهِ،  وَأَسْأَلُكَ بِجَلَالِكَ وَجَلَالِ وَجْهِكَ وَكَمَالِ جَلَالِ قُدْسِكَ أَنْ تُجِيْرَنِي وَوَالِدَيَّ وَأَوْلَادِي وَأَهْلِي وَأَحْبَابِي وَمَا تُحِيْطُهُ شَفَقَةُ قَلْبِي مِنْ شَرِّ هَذِهِ السَّنَةِ، وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ فِيْهَا، وَاصْرِفْ عَنِّي شَرَّ شَهْرِ صَفَرَ، يَا كَرِيْمَ النَّظَرِ، وَاخْتِم لِي فِي هَذَا الشَّهْرِ وَالدَّهْرِ بِالسَّلَامَةِ وَالْعَافِيَةِ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَأَوْلَادِي وَلِأَهْلِي وَمَا تَحُوْطُهُ شَفَقَةُ قَلْبِي وَجِمْيعِ الْمُسْلِمِيْن. وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

 اَللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ هَذَا الشَّهْرِ، وَمِنْ كُلِّ شِدَّةٍ وَبَلَاءٍ وبَلِيَّةٍ قدَّرْتَهَا فِيْهِ يَا دَهْرَ، يَا مَالِكَ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، يَا عَالِماً بِمَا كَانَ وَمَا يَكُوْنُ، وَمَنْ إِذَا أَرَادَ شَيْئاً قَالَ لَهُ: (كُنْ فَيَكُوْنُ) يَا أَزَلِي يَا أَبَدِي يَا مُبْدِي يَا مُعِيْدُ يَاذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ، يَاذَا الْعَرْشِ الْمَجِيْدِ أَنْتَ تَفْعَلُ مَا تُرِيْدُ   اَللَّهُمَّ احْرِسْ بِعَيْنِكَ أَنْفُسَنَا وَأَهْلَنَا وَأَمْوَالَنَا وَوَالِدِينَا وَدِيْنَنَا وَدُنْيَانَا الَّتِي ابْتَلَيْتَنَا بِصُحْبَتِهَا، بِبَرَكَةِ الْأَبْرَارِ وَالأخْيَارِ، وَبِرَحْمَتِكَ يَاعَزِيْزُ يَاغَفَّارُ، يَاكَرِيْمُ يَاسَتَّارُ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ   اَللَّهُمَّ يَا شَدِيْدَ الْقُوَى، وَيَا شَدِيْدَ الْمِحَنِ، يَا عَزِيْزُ ذَلَّتْ لِعِزَّتِكَ جَمِيْعُ خَلْقِكَ، اِكْفِنِي مِنْ جَمِيْعِ خَلْقِكَ، يَا مُحْسِنُ يَا مُجْمِلُ يَا مُتَفَضِّلُ يَا مُنْعِمُ يَا مُتَكَرِّمُ، يَا مَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ اِرْحَمْنَا اللَّهُمَّ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ أَجْمَعِيْنَ

Artinya, “Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoa Allah selalu memberi rahmat kepada Pemimpin kami, Muhammad Saw dan serta seluruh sahabatnya. Aku berlindung dari keburukan zaman ini dan dari orang-orang yang memiliki keburukan itu. Dan aku memohon, dengan wasilah keagunganMu, keagungan ridaMu, dan keagungan kesucianMu, supaya Engkau melindungiku, kedua orangtuaku, keluargaku, orang-orang yang kucintai dan sesuatu yang diliputi kasihsayangku, dari keburukan tahun ini. Dan jagalah kami dari keburukan yang telah Engkau tetapkan di dalamnya.

Palingkanlah dariku segala keburukan di bulan Shafar, wahai Dzat Pemiliki Pandangan Yang Mulia. Pungkasilah aku di bulan ini, di waktu ini, dengan keselamatan dan kesejahteraan bagiku, bagi kedua orangtuaku, anak-anakku, dan keluargaku serta sesuatu yang diliputi kasihsayangku, juga seluruh muslimin di dunia. Semoga Allah selalu memberi rahmat dan keselamatan kepada Pemimpin kami, Muhammad Saw, dan keluarganya serta sahabatnya sekalian.

Ya Allah, jagalah diriku dengan pandanganMu serta keluargaku, hartaku, anakku, agamaku, dan duniaku yang kami dicoba untuk menghadapinya, dengan wasilah kemuliaan para kekasihMu dan hamba-hamba pilihanMU, sebab rahmatMu wahai Dzat Yang Maha Bijaksana lagi Maha Pengampun, Dzat Yang Maha Mulia nan Maha Menutup aib, sebab rahmatMu, wahai Dzat paling Maha Penyayang di antara para penyayang.

Ya Allah, Dzat Yang Maha Kuat, yang cobaannya sangat berat, Dzat Yang Maha Perkasa, yang mana seluruh makhlukNya tunduk karena keperkasaanMu, jagalah aku dari semua makhlukMu. Wahai Yang Maha Memperbaiki lagi Memperindah. Wahai Yang Maha memberi kemuliaan, Yang tiada tuhan selain Engkau. Kasihilah kami dengan rahmatMu, wahai Dzat paling penyayang di antara para penyayang. Semoga Allah senantiasa memberi rahmat dan keselamatan kepada pemimpin kami, Muhammad Saw, keluarganya dan para sahabatnya.”

Demikian doa di awal bulan Shafar atau jamak diketahui sebagai doa Rebo Wekasan. Tradisi yang masih dijalankan hingga sekarang. Tak ada salahnya kita membaca doa tersebut di mana pun dan kapan pun. Semoga kita, keluarga kita, sanak-saudara kita, handai taulan dan orang-orang yang kita kasihi selalu dalam lindungan Allah Swt. Amin Ya Rabbal ‘Alami.

About the author

Redaksi PP Al-Fattah

Redaksi PP Al-Fattah

Website dikelola oleh tim redaksi Pondok Pesantren Al-Fattah

Add Comment

Click here to post a comment