Hikmah

Betapa Istimewanya Bulan Rabiul Awwal, Bulan Kelahiran Nabi SAW

Bulan Rabiul Awwal sering disebut juga sebagai bulan maulid, yakni bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, sang revoluisoner kita. Rasul kita, Nabi Muhammad SAW lahir tepatnya pada hari Senin tanggal 12 Rabiul Awwal tahun 571 Masehi atau disebut tahun gajah. Kita sebagai umat islam pastilah tidak asing dengan bulan maulid ini yang mana banyak sekali perayaan-perayaan sebagai peringatan terhadap hari lahirnya Nabi SAW. Perayaan mulai dari mengadakan pengajian, sholawatan, dan banyak kegiatan baik lainnya yang dilakukan umat islam.

Kita sebagai umat islam pastilah senang dan gembira menyambut bulan kelahiran Nabi SAW karena banyak keistimewaan yang terdapat di dalamnya.

  1. Lahirnya Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW ialah sang revolusioner, pejuang yang mengantarkan islam sampai pada masa kejayaan dan islam yang terang benderang sebagaimana yang kita alami saat ini. Nabi Muhammad SAW diutus oleh Allah SWT sebagai rahmat bagi alam semesta sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Al-Anbiya ayat 107 yang artinya “Dan tidaklah Kami mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam”. Nabi Muhammad SAW bertugas untuk memberikan peringatan kepada manusia yang berbuat maksiat serta memberi berita bahagia bagi manusia yang berbuat kebaikan atau bertakwa.

  1. Wafatnya Nabi Muhammad SAW

Bulan Rabiul Awwal selain bulan kelahiran Nabi SAW, juga sebagai bulan wafatnya Nabi Muhammad SAW di usia 63 tahun.

  1. Bulan penuh berkah dan kegembiraan

Banyak keberkahan dan kegembiraan di bulan ini yang mana kita sebagai umat islam mengharapkan syafaat Nabi di hari ahir kelak. Allah SWT pun berjanji bahwa akan memberikan balasan pada orang yang mengikuti Rasul-Nya. Nabi Muhammad SAW juga menjanjikan akan memberikan syafaat bagi umat yang senantiasa megingat-Nya.

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan

Berada di bulan Rabiul Awwal atau bulan maulid ini, berarti kita telah diingatkan pada satu hal yakni bulan kelahiran sang Rasul SAW. Di bulan inilah kita bisa berkesempatan juga untuk meningkatkan iman kita sebagai seorang muslim, dengan terus meyakini bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT dan yang akan menolong kita dengan memberi syafaat-Nya kepada kita yang mau senantiasa mengingat-Nya.

Untuk mendapatkan keistimewaat tersebut, maka kita sebagai umat islam hendaknya melakukan amalan-amalan baik di bulan Rabiul Awwal ini.

  1. Disunnahkan banyak bershalawat

Umat islam baiknya banyak bershalawat atas Nabi Muhammad SAW terlebih di bulan Rabiul Awwal ini kita disunnahkan untuk banyk-banyak shalawat, mengirim doa untuk Nabi Muhammad SAW serta keluarga dan sahabat-Nya. Diantara Shalawat Nabi yang utama  ialah “Allahumma shalli ‘ala Muahammad wa ‘ala ali Muhammad, kamma shallaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala aali Ibrahim, innaka Hamidu Majid. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka Hamidum Majid”. Artinya “ Ya allah, berilah (tambahkanlah) shalawat (sanjungan) kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau memberi shalawat kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji maha Mulia, Ya Allah, berilah berkah kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau memberi berkah kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji Maha Mulia”.

Banyak bacaan-bacaan shalawat Nabi yang bisa kita amalkan. Membaca Shalawat dinilai sebagai ibadah oleh Allah SWT dan Nabi SAW pun akan memberi syafaat bagi kita di akhirat kelak.

  1. Memperbanyak Sedekah

Kita sebagai uma islam, dianjurkan untuk memperbanyak sedekah baik di bulan Rabiul Awwal ini maupun di bulan-bulan lainnya. Memberikan sedikit dari yang kita punya untuk orang lain tidak akan membawa kita pada kemiskinan. Sedekah justru akan mendatangkan pahala bagi kita dan juga kita akan edapatkan rezeki dari Allah SWT yang banya dan dari yag tidak terduga-duga.

  1. Memperbanyak amalan kebaikan

Alangkah baiknya di bulan yang penuh berkah inikita sebagai umat islam untuk memperbanyak melakukan amalam yang baik-baik agar kita mendapat ridho dari Allah SWT. Amalam kebaikan yang dapat kita lakukan sangatlah banyak, sekecil apapun itu jika hal itu baik dan bermanfaat, maka lakukanlah.

  1. Melaksanakan puasa sunnah

Banyak sekali macam-macam puasa sunnah yang dapat kita lakukan, seperti puasa senin-kamis. Kita disunnahkan untuk berpuasa sunnah di bulan Rabiul Awwal atau bulan maulid ini.

  1. Meneladani sifat Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhamad SAW adalah panutan bagi kita sebagai umat islam, yang mana kita harus meneladani sifat-sifat Nabi SAW. Saling tolong menolong terhadap sesama, baik itu orang islam atau bukan, jika kita bisa membantu maka hendaklah kita membantunya tanpa pamrih. Saling toleransi ataupu menghargai satu dengan yang lainnya. Sedekah untuk fakir miskin dan orang yang yang membutuhkan, dan banyak lagi sifat-sifat mulia Nabi Muhammad SAW yang patut kita contoh dan kita teladani.

Bulan Rabiul Awwal ini adalah bulan yang mulia, bulan yang penuh dengan keberkahan. Kita sebagai umat islam tidak boleh menyia-nyiakan waktu kita dengan perbuatan yang tidak bermanfaat. Hendaklah kita melakukan perbuatan-perbuatan yang mendatangkan kebaikan, banyak melakukan amalan-amalan kebaikan dengan harapan kita mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW di akhirat kelak.

About the author

Atik Septiani

Atik Septiani

Santri Putri PP Al-fattah Kartasura asal Blora, hobi godain santri putra.
Sekarang kuliah di IAIN Surakarta Prodi Sejarah Peradaban Islam.

Add Comment

Click here to post a comment