Kepengurusan

Estafet Kepemimpinan Pondok Pesantren al-Fattah Kartasura Periode 2020/2021 Kepada Periode 2021/2022

Pemilihan Ketua Pondok Periode 2021/2022

Estafet kepemimpinan merupakan salah satu cara untuk melakukan suatu perubahan. Yang diharapkan adalah perubahan lebih berbobot dari apa yang sebelumnya telah tercapai. Alih kepemimpinan suatu organisasi atau kepengurusan dalam suatu lembaga, kepada pemimpin yang lebih muda dianggap lebih semangat, energik dan mampu memberikan perkembangan yang lebih progresif dengan menyeimbangi perkembangan zaman yang semakin ketat dalam persaingan kwalitas mutu.

Selain mencari penerus kepemimpinan, dalam estafet kepemimpinan juga dapat melakukan evaluasi atas apa yang telah didapat pada dekade sebelumnya. Dalam suatu proses tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal tanpa adanya evaluasi untuk senantiasa memperbaiki atas kekurangan ataupun kesalahan yang telah dilalui. Kaderisasi harus tetap dijalankan, untuk membentuk karakter pemimpin- pemimpin yang lebih baik dan matang.

Seperti halnya yang dilakukan di Pondok Pesantren al-Fattah Kartasura, berdasarkan rapat kepengurusan periode 2020/2021 membahas tentang pembentukan Komisi Pemilihan Ketua Pondok periode 2021/2022 yang akhirnya terpilih saudara Yusril Fahrim menjadi ketua komisi. Selanjutnya, sesuai kesepakatan komisi untuk mengadakan acara bersifat “sakral” yang dilakukan secara rutin dalam satu tahun sekali yaitu Pemilihan Ketua Pondok Pesantren al-Fattah untuk kepengurusan satu tahun kedepan.

Sabtu 3 April 2021, tepatnya pukul 20.00-21.30 wib Pemilihan Ketua Pondok priode 2021/2022 pun berlangsung. Dengan dihadiri seluruh santri al-Fattah dengan wajah gembira menyimpan penuh harapan mendapat pemimpin yang terbaik untuknya. “Pesta Demokrasi” itulah nama kegiatan malam itu. Selain dilaksanakan di Pondok, pesta demokrasi juga diadakan secara online menggunakan google form karena ada beberapa santri yang masih belum kepondok akibat pandemi.

Acara dilakukan secara pemilihan suara dari seluruh santri untuk memilih calon kandidat yang mereka dambakan. Akhirnya, setelah melewati perdebatan antar calon kandidat dan lontaran pertanyaan dari beberapa santri kepada calon. Dilanjutkan forum terbuka perhitungan suara, terpilihlah ketua pondok untuk periode 2021/2022. Yaitu saudara Ahmad Izzul Haq terpilih menjadi Ketua Pondok Putra periode 2021/2022 menggantikan Muslihudin ketua putra 2020/2021 dan saudari Ulya Darrojatun terpilih menjadi Ketua Pondok Putri periode 2021/2022 menggantikan Yunda Fithriyah ketua putri 2020/2021.

Serah Terima Jabatan dan Pelantikan Kepengurusan Periode 2021/2022

Sukoharjo, Kamis 8 April 2021 pukul 20.30 wib Kepengurusan Pondok Pesantren al-Fattah Kartasuro periode 2021/2022 dinyatakan resmi dilantik di Aula Putri. Dengan dihadiri oleh segenap keluarga besar al-Fattah  termasuk jajaran asatidz.

Dalam kesempatan ini, Muslihudin sebagai demisioner ketua pondok memberikan pesan dalam sambutannya “harapan saya untuk pengurus periode 2021/2022 dapat mengabdikan dirinya untuk pondok secara totalitas dan dapat memperbaiki atas apa yang menjadi kekurangan-kekurangan pada kepengurusan sebelumnya untuk Pondok Pesantren al-Fattah yang lebih maju”.

Selain itu, pesan dari ketua baru periode 2021/2022 “kepada seluruh santri untuk terus memberikan saran dan kritik membangun kepada pengurus dan selalu berpartisipasi dalam segala bentuk kegiatan yang diadakan Pondok. Dan selalu menjaga nama baik Pondok dimanapun kita berada”. Ucap Ahmad Izzul Haq dengan penuh harapan.

Acara pelantikan ditutup dengan sambutan dari Pengasuh Pondok Dr. KH. Moh. Mahbub, S.Ag.,M.Si. yang diwakilkan oleh Ustadz Azam, S.Ag., M.Ag. Dalam sambutannya beliau berpesan agar sebagai pengurus harus bisa menjaga “keharmonisan” baik antar pengurus maupun dengan para santri. Selanjutnya, harapannya untuk santri-santri al-Fattah agar senantiasa semangat dan gigih dalam belajar di Pesantren supaya dapat bermanfaat dimasyarakat kelak.

Penulis: Chusnul Mutia

Kepengurusan periode 2021/2022

Kepengurusan periode 2020/2021

About the author

Redaksi PP Al-Fattah

Redaksi PP Al-Fattah

Website dikelola oleh tim redaksi Pondok Pesantren Al-Fattah

Add Comment

Click here to post a comment