Kegiatan

Solidaritas Dosen Muda FUD dan Masyarakat Sekitar terhadap Karantina Mandiri PP Al-Fattah Kartasura

Sudah seminggu lebih Pondok Pesantren Al-Fattah Kartasura melakukan karantina mandiri setelah sebelumnya ada yang terpapar COVID-19. Hal ini adalah salah satu tindak preventif penyebaran cluster baru. Kurang lebih 118 santri melaksanakan karantina mandiri.  Hal ini tentu menjadi perhatian publik. Seluruh kegiatan di luar pondok sementara terhenti seperti halnya jama’ah maupun ngaji tiap kelas. Satgas “jogo tonggo” serta pihak puskesmas sekitar menghimbau untuk kegiatan sementara waktu dilaksanakan di pondok masing-masing baik putra maupun putri.

Selain itu diantara santri maupun warga ndalem benar-benar di isolasi mandiri. Tak ada yang boleh keluar diantara kita kecuali urgensitas berobat. Sehingga kesulitan akan memperoleh logistic santri. Bersyukur hal ini mendapat banyak i’tikad baik dari masyarakat sekitar pesantren. Selain itu para Dosen muda FUD IAIN Surakarta pun turut bersimpatik memberikan sembako, buah-buahan, hingga suplemen kesehatan. Yang mana tak hanya satu atau dua kali pengiriman dilakukan. Hal ini tentu sangat diapresiasi oleh pengasuh pondok dan para santri. Tak hanya itu hal ini juga mengundang simpatik dari Bu Nyai H. Ari Hikmawati Amin dengan memberikan bantuan probiotik.

Yang lebih jauh lagi datang dari rekan Gusdurian Jogja. Kali ini bantuan berupa obat herbal. Obat tersebut ditujukan untuk para santri dan pengasuh untuk meningkatkan imun tubuh serta membantu proses penyembuhan pasien terpapar COVID-19.

Para santri pun rutin mengkonsumsi suplemen kesehatan seperti Vit C untuk tetap menjaga imun tubuh.

Karantina dimulai pada Jum’at, 28 November 2020 hingga sekarang tetap dalam pengawasan baik Satgas PP Al-Fattah sendiri maupun “Jogo Tonggo”. Syukur dan rasa terimakasih terus dipanjatkan, sebab bantuan tersebut tak henti diterima hingga kini. Semoga Allah SWT memberikan hikmah tersendiri atas musibah yang terjadi di PP Al Fattah Kartasura serta membalas segala perbuatan baik masyarakat yang turut bersimpatik atas kejadian ini. Semoga kesehatan kembali kepada kita semua. Aamiin.

Penulis: Nasya Auliarahma S, Santriwati PP Al Fattah Kartasura semester 5.