Home / Kegiatan / Santri Peduli Kebersihan

Santri Peduli Kebersihan

20160417_055512-1
Lingkungan Pesantren merupakan suatu tempat yang terkenal dengan kedisiplinannya, lingkungan bersih dan rutinitas keilmuan, tercermin pada santri di pondok pesantren Al-Fattah Krapyak, Kartosuro, Sukoharjo dengan pengasuh KH. Moh. Mahbub.
Di pondok pesantren ini, selain mengedepankan ilmu agama dan pengetahuan juga cinta lingkungan, hidup bersih dan rapi, terbukti dengan di adakannya salah satu kegiatan rutin pondok yang dilaksanakan oleh semua santri, pada setiap minggu pagi setelah solat subuh, yakni  kerja bakti atau sering disebut roan, yaitu semua santri bergotog royong membersihkan dan menata pondok sehingga menjadikan pondok lebih bersih dan tertib.
Menurut penuturan Siwi Nur Jannah (21) tentang roan yang dilaksanakan setiap minggu. Pada hari minggu itu sangat bagus dan harusnya lebih diimbangi lagi dengan partisipasi santri, untuk lebih giat lagi dalam meningkatkan kebersihan, tuturnya saat di wawancarai seusai bersih-bersih pondok.
Selain kegitan roan ini, semua santri juga mengadakan piket kamar yang dilaksanakan oleh anggota kamar dan piket harian yang dilaksanakan sekelompok santri setiap hari yang  tersusun dalam beberapa poin:
•    Nyapu luar pondok
•    Nyapu dalam pondok dan selokan
•    Membersihkan perabot dabur
•    Membersihkan aula pondok
•    Membantu racik bumbu dan sayur untuk masak

Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi para santri, karena dari sinilah santri bisa belajar hidup bergotong royong, bersosialisasi dengan santri lain serta mengerti betapa pentingnya hidup bersih, rapi dan tertib. Dari kegiatan roan ini, diharapkan dapat menciptakan kehidupan  pondok pesantren yang nyaman serta kegiatan belajarpun menjadi efisien.
By: Imro’atul Mufidah

About imroatul

Tak perlu bolang tuk mengerti keadaan dunia hanya butuh tulisan tuk menggenggamnya

Check Also

AKSI TOLAK FDS (FIVE DAY SCHOOL) Se-SOLO RAYA.

Sekitar 25 ribu warga NU (Nahdlatul Ulama) se-Solo raya melakukan aksi tolak five day school, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *