Home / Artikel / Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja

Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja

images (21)

Hai.. Sob, Apa yang kamu bilang ketika kalian mendengar kata ataupun kalimat mengenai “NARKOBA”.. ???? Menurut penulis Sebagai Santri yang kurang dari kata Sempurna, Narkoba merupakan (singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif berbahaya lainnya) yang mana pengertiannya yakni suatu bahan/zat yang jika dimasukan dalam tubuh manusia, baik secara oral/diminum, dihirup, maupun disuntikan, dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang. Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis.
Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan. (itu sih penjabaran dari aku sendiri sebagai orang awwam.. #AnakBuruhTani). Kalau Menurut Teman-teman Sebagai Mahasiswa dan Sebagai Calon Generasi Muda penerus Bangsa di Negeri ini, Apa sih Dampak Negatif dari Narkoba tersebut.. ??? Bagaimana pula cara Mengatasi Dampak Narkoba?? kapan-kapan kalau ketemu di Share ke aku ya.
Disini penulis ada sedikit nih sekilas mengenai dampak negatif penyalah gunaan Narkoba dikalangan anak muda sebagai generasi penerus bangsa, Maraknya narkotika dan obat-obatan terlarang telah banyak mempengaruhi mental dan sekaligus pendidikan bagi para pelajar saat ini. Contohnya dalam berita yang sedang hot minggu-minggu ini yaitu di salah satu siaran televisi swasta memberitakan bahwa Narkoba telah menggerogoti generasi muda di negeri ini, dimana Narkoba sekarang dikemas dalam kemasan beraneka ragam, bahkan jenis Narkoba sendiri begitu Banyak jenisnya, dimana sekarang Narkoba sndiri sudah beralih ke anak-anak atau bahkan dikalangan murid atau siswa SD (Sekolah Dasar). Zat tersebut disebut-sebut memang lebih berbahaya dari narkoba biasa. Narkoba jenis ini berdampak seperti doping untuk pemakainya. Efek buruknya, si pemakai bisa mengalami kejang-kejang, keram jantung, hingga yang terburuk yaitu tewas.
Masalah menjadi lebih gawat lagi bila karena penggunaan narkoba, para remaja tertular dan menularkan HIV/AIDS di kalangan remaja. Hal ini telah terbukti dari pemakaian narkoba melalui jarum suntik secara bergantian. Kehilangan remaja sama dengan kehilangan sumber daya manusia bagi bangsa. DiIndonesia, perkembangan pencandu narkoba semakin pesat. Para pencandu narkoba itu pada umumnya berusia antara 11 sampai 24 tahun. Artinya usia tersebut ialah usia produktif atau usia pelajar. Dimana data korban setiap tahunya begitu mengkhawatirkan karena seiring dengan meningkatnya kasus narkoba (khususnya di kalangan usia muda dan anak-anak.
Menurut penulis sendiri Sebagai mahasiswa yang pernah mengenyam dunia pendidikan di SMA (Sekolah Menengah Atas), meskipun di bangku perkuliahan sekarang ini mengambil Jurusan Prodi PAI (Pendidikan Agama Islam) di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan serta Jurusan Bimbingan Konseling Islam di Fakultas Ushuludin dan Dakwah di Salah Satu Institut Agama Islam Negeri Surakarta, yang mana sejatinya melenceng jauh sih antara pendidikan sewaktu di bangku Sekolah Menengah Atas dan bangku perkuliahan,

Dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja, yakni diantaranya :
1. Perubahan dalam sikap
2. Menurunnya kedisiplinan
3. Menjadi mudah tersinggung dan cepat marah
4. Sering menguap, mengantuk, dan malas,
5. Tidak memedulikan kesehatan diri,
6. Menyebabkan kegilaan, paranoid, bahkan kematian
Itulah sekilas dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja, yang mana dampaknya tersebut sangat merugikan bagi kalangan remaja, apabila pencegahannya tidak dilakukan segera, maka tidak lama mungkin Indonesia terancam tidak memiliki generasi penerus yang bermutu dan berkompeten.
Menurutku pribadi sebagai Santri, ada beberapa cara ataupun tips mengatasi (pencegahan) penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja, diantaranya :

• membangkitkan kesadaran beragama, menginformasikan hal-hal positif dan bermanfaat.
• Selektif dalam memilih teman.
• Selektif dalam memilih makanan dan minuman.
• Menghindarkan diri dari lingkungan yang tidak tepat.
• Membentuk kelompok-kelompok kecil yang saling mengingatkan untuk memecahkan suatu permasalahanan, atara lain : Berdiskusi, Batsul masail (Sebagai anak pondok pesantren.. )

Mungkin informasi diatas sekiranya dapat menjadi pengetahuan dan dapat mencegah teman-teman santri putra ataupun santri putri di Pondok Pesantren, khusunya di Pondok Pesntren Al-fattah Sendiri. Mencegah dari bahayanya narkoba yang telah menyebar di seluruh Indonesia. Karena kita adalah anak bangsa yang bisa membuat harum nama baik tempat menempa ilmu kita di seluruh penjuru Indonesia. Sebagai Santri yang berakhlakul kharimah tentulah bisa mengambil sikap yang positif dengan berkata TIDAK UNTUK NARKOBA. Lingkungan YAYASAN INSANUL KAMIL yang terkenal dengan pondok yang sudah berbaur di masyarakat sekitar, sebaiknya kita sebagai santri harus bisa mengenali lingkungan dan menjaga diri dari pergaulan yang negatif. Pergaulan yang salah dapat menjerumuskan kita ke dalam hal yang negatif dan bisa membuat sesat diri kita. Dan jangan pernah sekalipun mencoba yang namanya NARKOBA, karena berawal dari mencoba akhirnya membuat kita kecanduan atau ketagihan menggunakannya. Jadi ambillah sisi baik dari informasi di atas dan semoga bermanfaat untuk teman-teman, agar tidak mengenal NARKOBA dan menghindari bahayanya NARKOBA.

Oleh : Kurniaji H & Syamsul

About syamsul

Check Also

IMPLEMENTASI SANTRI LITERASI MENELADANI RASULULLAH SAW DALAM PERINGATAN MAULID NABI

Peringatan Maulid Nabi selalu disambut dengan meriah oleh umat Islam di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *