Home / Kegiatan / Pengajian Akbar Memperingati Isra’ Mi’raj

Pengajian Akbar Memperingati Isra’ Mi’raj

para jama'ah yang terdiri dari santri dan masyarakat dalam pengajian akbar memperingati isra' mi'raj Pon.Pes Al Fattah
para jama’ah yang terdiri dari santri dan masyarakat dalam pengajian akbar memperingati isra’ mi’raj Pon.Pes Al Fattah

Serangkaian acara dalam memperingati Isra’ Mi’raj dan Nusantara Mengaji Pondok Pesantren Al-Fattah Krapyak, Kartasura, Sukoharjo. Diakhiri dengan kegiatan pengajian akbar pada Minggu (08/05) yang bertempat di halaman Masjid Nurul Iman dengan pembicara Dr. Subanji M, Ag yang dihadiri oleh para santri, masyarakat sekitar dan juga tamu undangan, acara ini dilaksanakan pada pukul 19.30 WIB ba’da isya, dalam kegiatan tersebut juga dimeriahkan oleh lantunan shalawat dari grup hadrah Sambar Nyowo Pondok Pesantren Al-Fattah.

ibu Hj. Kamila Adnani istri dari pegasuh pon.Pes Al Fattah (berbaju biru) bu Nyaipun ikut mengaji
ibu Hj. Kamila Adnani istri dari pegasuh pon.Pes Al Fattah (berbaju biru) bu Nyaipun ikut mengaji

Di awal acara di suguhkan penampilan Grup Hadrah Sambar Nyowo berupa shalawatan bersama dan pembacaan berzanji. Kemudian Acara ini di mulai dengan pembukaan, lalu dilanjutkan dengan pembacaan Al-Qur’an oleh Moh. Anis Anwar dan sambutan yang disampaikan oleh KH.Muhammad Mahbub S. Ag M. Si selaku pengasuh Pon.Pes Al Fattah.

hadrah samber nyowo
hadrah samber nyowo

Kemudian dilanjutkan dengan acara istirahat yang diisi dengan pengumuman juara lomba yang telah dilaksakan pada hari jum’a (06/05), dengan kategori lomba yaitu rengking 1 yang diraih oleh Dian Putri Chasanah santri asal Kendal, delegasi kamar hafsoh dan lomba santri menulis dengan tema tulisan Isra’ Mi’raj yang diraih oleh Faricha Saadatul Ummah dengan kategori cerita pendek, Arif Ahamad dengan kategori Hikmah dan Ama dengan kategori Artikel dan dilanjut dengan persembahan shalawatan dari grup Shalawat Samber Nyowo Pondok Al-Fattah.

Kemudian memasuki acara inti yaitu Mauidhatun Hasanah yang kali ini disampaikan oleh Dr. Subanji M, Ag. dalam ceramahnya, Dr. Subanji menyampaikan bahwa dalam peristiwa Isra’ dan Mi’raj nabi Muhammad SAW, mengalami banyak peristiwa seperti bertemu dengan wanita dengan segala perhiasannya yang menggambarkan dunia serta gemerlap isinya, namun nabipun tak tergoda dan kemudian nabi melakukan Mi’raj hanya dengan satu malam, untuk bertemu sang kholiq dari situlah nabi mendapat perintah untuk mengerjakan shlat sebanyak 5 waktu dalam sehari setelah sebelumnya terjadi penawaran antara Nabi dengan Allah mengenai sholat 50 waktu yang akhirnya menjadi 5 waktu, karena Allah maha mengetahui bahwa umat manusia tidak akan mampu misalnya melakukan solat selama 50 waktu tersebut. Maka dari dalam caramahnya disampaikan kepada para jama’ah yang hadir untuk rajin-rajinlah sholat, dan ntuk lebih giat lagi melakukan hal-hal baik hususnya dalam hal ibadah dan di tekankan lagi untuk khusu dalam mengerjakan berbagai macam ibadah yang di kerjakan dimanapun da kapanpun. Ceramah yang di sampaikan berhasil membuat para pendengar tertarik, karena dalam mauidhoh hasanah yang di sampaikan, di iringi pula dengan lantunan lagu beserta orgen tunggal yang di bawakan sendiri oleh sang penceramah.

Dengan diadakannya acara pengajian akbar ini, maka berakhir pula serangkaian acara yang didakan oleh pondok pesantren Al-Fattah, dimana kegiatan yang di mulai sejak hari Jum’at-Minggu 06-08 Mei 2016, di harapkan dengan diadakannya serangkaian cara tersebut bisa menjadi ilmu yang baru dan ilmu yang bermanfaat.

By: Imroatul mufidah dan Siti Nur Maela

About admin

Check Also

AKSI TOLAK FDS (FIVE DAY SCHOOL) Se-SOLO RAYA.

Sekitar 25 ribu warga NU (Nahdlatul Ulama) se-Solo raya melakukan aksi tolak five day school, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *