Home / Tak Berkategori / Merengek seperti Anak Kecil

Merengek seperti Anak Kecil

Setiap manusia pasti sering mengeluh. Entah mengeluh karena tugas-tugas, lelah setelah bekerja, merasa berat, tidak bisa mengikuti teman dan sebagainya. Sebenarnya itu semua tidak pantas kita keluhkan kepada manusia. Seperti yang termaktub dalam qs al Ma’arif ayat 19 yang artinya ” sungguh manusia diciptakan suka mengeluh”. Meskipun tabiat manusia adalah mengeluh, tetapi ingatlah bahwa dalam Al-Quran Qs Al Insyiroh ayat 7 juga sudah ditegaskan bahwa “maka sesungguhnya sesudah kesulitan terdapat kemudahan”

Allah tidak pernah menuntut kita untuk menjadi orang yang kuat dihadapanNya. Rabb tidak pernah menuntut kita untuk menjadi hamba yang tegar di saat musibah datang. Justru Allah menyeru kita agar meluapkan segala isi hati kita”hanya” di hadapanNya. Kondisi semacam ini berbanding terbalik ketika kita berada di hadapan manusia.

Kita harus terlihat kuat dalam segala keadaan, apapun itu di hadapan manusia. Muslim sejati harus mampu menahan segala kegelisahannya agar tidak diketahui orang lain, lalu bersegera menumpahkan kegelisahannya hanya kepada Allah. Semakin sering kita mengadu dan berkeluh kesah kepada Allah, maka semakin cintalah Allah kepada kita. Coba kita melihat anak kecil atau kita ingat masa kecil kita dulu.

Saat kita melihat sesuatu yang menarik perhatian, saat pulang sekolah kita akan segera mencari ayah atau ibu kita untuk bercerita apa yang sudah kita lihat atau alami seharian. Kepada orang tualah kita dulu sering bermanja-manja, mengeluh dalam perasaan senang maupun sedih. Begitu pula seharusnya sikap kita kepada Allah, Allah layaknya seperti orang tua kita dan kita sebagai anak kecil yang bermanja-manja mengadukan segala perasaan kita pada orang tua(Allah).

Sebenarnya dengan begitu Allah senang sekali melihat hamba-nya merengek, menangis sejadi-jadinya sewaktu berdoa dan meminta kepada Allah. Jadi, yakinlah bahwa Allah itu selalu memberikan jalan bagi hambanya yang sedang kesulitan, selalu ada ketika kita membutuhkan. Dengan catatan yakin, berdoa dan berusaha kepada Allah. InsyaAllah segala yang menjadi keresahan hati, kesulitan hidup akan mudah dilalui

Oleh musfi

About admin

Check Also

Wisuda Amsilati Pondok pesantren Al-Fattah

Kartasura. Pondok Pesantren Al-Alfattah menggelar pengajian akbar dalam rangka Khotmil Qu’ran danWisuda Amsilati angkatan VII …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *