Home / Kegiatan / Prosesi Idul Adha di Al Fattah

Prosesi Idul Adha di Al Fattah

Prosesi Solat Idul Adha
Prosesi Solat Idul Adha

 

10 Dzulhijjah seluruh umat islam di dunia merayakan hari raya Qurban, begitupun di Indonesia, tidak terkecuali pondok pesantren Al-Fattah Pucangan Kartasura yang melaksanakan sholat I’ed bersama di masjid Nurul Iman pada Senin (12/09).
Dalam pelaksanaan shalat I’ed ini dihadiri oleh masyarakat dan santri pondok pesantren Al-Fattah, dalam pelaksaannya, sholat I’ed ini dilaksanakan pukul 07.30 WIB, tak lupa shalat ini juga dihadiri pula oleh pengasuh pondok pesantren Al-Fattah yaitu bapak Moh.Mahbub S.ag, M.Si
Setelah shalat I’ed selesai acara dilanjutkan dengan pengajian yang disampaikan oleh Bapak Moh Mahbub, dalam ceramahnya disampaikan bahwasanya Idul Qurban nikmat allah akan berimplikasi menimbulkan kesadaran kita untuk beribadah kpada allah, kemudian ibadah tersebut harus di laksanakan semata-mata karena keikhlasan hanya mengharap ridho Allah semata. Kedua konsekuensi tersebut mempunyai dampak  yang vertikal dan horizontal yaitu beribadah kepada Allah dan sadar akan kemanusiaan, inti dari syariat ibadah idul qurban adalah ibadah dengan sepenuh hati dan pengabdian sepenuhnya meskipun berat, sepeti yang telah di kisahkan oleh nabi Ibrahim dan nabi Ismail. Demi pengabdian kepada Allah, perintah untuk menyembelih anaknya rela di lakukan meskipun berat, akan tetapi mereka ikhlas dan sepenuh hati melakukannya. Selain itu beliau juga berpesan kepada seluruh jamaah agar mencontoh empat teladan nabi Ibrahim yaitu (1) Berpegang teguh pada agama yg benar, (2) mengajarkan tauhid kepada anak-anaknya, (3) memilih lingkungan yang baik dan (4) selalu berusaha mewujudkan harapan dan doa-doanya.
Kemudian nabi Ibrahim untuk memperoleh anak-anak yang soleh beliau selalu mendoakan anak-anaknya dengan kalimat “robbihabli minasholihin” yang artinya “ wahai Allah berikanlah keturunanku, keturunan anak yang sholeh.”

By : Imro’atul mufidah

About Mella El Maula

menulis adalah proses mengabdikan diri

Check Also

AKSI TOLAK FDS (FIVE DAY SCHOOL) Se-SOLO RAYA.

Sekitar 25 ribu warga NU (Nahdlatul Ulama) se-Solo raya melakukan aksi tolak five day school, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *