Home / Khazanah / Cara Muslimah Menjaga Diri Dari Fitnah

Cara Muslimah Menjaga Diri Dari Fitnah

alumni santri putri Pon.Pes Al Fattah
alumni santri putri Pon.Pes Al Fattah

Ada sebuah cerita, ketika seoarang pejuang jihad dari bumi afganistan mengatakan ketika seorang bidadari sedang minum teh, maka kita bisa melihat teh tersebut mengalir di lehernya. Dan kita pun sulit untuk mengukur kecantikan bidadari tersebut. Coba bayangkan apabila Dibandingkan dengan kecantikan kita, mungkin tidak ada apa-apanya. Tapi tenang para akhwa,  Allah telah menjanjikan bagi para wanita muslimah, bahwa mereka akan jauh lebih baik dari pada bidadari bila mereka mau menjadi wanita muslimah dan solehah
Tapi kita tidak memungkiri untuk mencapai hal tersebut tidaklah semudah membalikan talapak tangan. Ibarat kita mendaki gunung yang menjulang tinngi, tidak hanya sekali melangkah untuk sampai puncak, kita butuh suatu perjuangan untuk mencapai level tersebut, Rasulullah pun pernah bersabda” Sepeninggalan KU tidak ada fitnah yang lebih kejam dari pada wanita”
Subhanallah kita para wanita apa iya mau jadi fitnah dunia, memfitnah satu orang saja hukumnya lebih kejam dari pada pembunuhan. Apalagi menjadi fitanah dunia, tidak bisa di bayangkan. Maka dari itu para muslimah yang sholehah pastinya  yang tidak mau kan jadi fitnah dunia, mari kita telusuri tips-tips agar kita terhindar dari fitnah dunia:
1.    Hindari Gossip
Sangat penting bagi wanita untuk meninggalkan kebiasaan menggosip, karena kaum wanita pada umumnya sangat sulit untuk menghindari hal yang satu ini. Entah itu cuma nimbrung atau sedang berkmpul dengan teman sebaya biasanya menggosip adalah hal yang sangat riskan untuk kita hindari. Jadi kita harus bisa menjaga lisan dan perkataan kita dimanapun dan kapanpun. Seperti pepatah Jawa mengatakan ”ajining diri gumantung ono ing lathi” yang artinya jadi harga diri kita terletak pada ucapan kita. Maka berhati-hatilah dalam berucap.
2.    Menjaga Pakaian
Wanita tidak sekedar menjaga pandangannya, akan tapi juga harus menjaga pakaian yang  dikenakan, sebagai umat islam, sepantasnya dalam berpakaian kita harus menutup aurot kita, dan  tidak boleh memakai pakaian yang ketat-ketat atau pakaian yang mengumbar aurot, karena tubuh kita adalah perhiasan mahal. Sehingga ada istilah menyebutkan “Sebaik-baik perhiasan adalah wanita sholehah”
3.    Menjaga dan Merawat Rumah
Bagi para wanita baik yang sudah menikah ataupun belum menikah, menjaga dan merawat rumah merupakan suatu pekerjaan yang lumrah untuk di kerjakan, namun tidak menutup kemungkinan semua anggota keluaragapun sejatinya juga memiliki tanggung jawab untuk tugas tersebut. Akan tetapi sebagai wanita yang bagus akhlaknya alangkah lebih baiknya untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan manfaatkanlah waktu sebaik mungkin di rumah dengan membantu orang tua, belajar atapun merawat rumah.
4.     Memelihara Pikiran
Manusia di anugrahi oleh Allah dengan akal dan pikiran, hal itulah yang menjadi dasar pembeda antara manusia dan hewan. Maka dari itu untuk mensyukuri nikamat yang telah di berikan,  gunakan akal dan pikiran kita dengan hal-hal yang berguna, hingga tidak ruang bagi pikiran-pikiran kotor itu bertamu di pikiran kita, karena ketika pikiran kotor  hadir sebentar saja dalam diri kita, maka hal tersebut akan menyebar diseluruh tubuh, dan lama-kelamaan akan membuat kebiasaan buruk dan menimbulkan pikiranyang kotor dalam diri kita.
5.    Berhati-hatilah Memilih Teman
“Sebaik-baik teman adalah tukang minyak wangi dan seburuk-buruk teman adalah pandai besi” istilah tersebut tidaklah menjadi hal yang asing di telinga kita, perumpaan tersebut adalah cara kita dalam memilih teman karena memilih teman suatu hal yang  sangat penting sebab, kebiasaan kita tergantung dengan siapa kita berteman dan berkumpul, maka dari itu pandai-pandailah dalam memilih teman.
6.    Hati-Hati Memilih Tempat Bersosial
Memilih tempat bergaul juga sangat penting untuk diperhatikan, lingkungan juga memiliki pengaruh yang besar dalam membentu karakter seseorang apalagi untuk muslimah, pilihlah tempat-tempat yang baik agar terbentuk pula attitude yang baik, seperti tempat ibadah, tempat ilmu dan lain sebagainya.
7.    Menikahlah
Menikah adalah sunnatullah yang sangat di aunjurkan untuk setiap umat, karena dengan menikah sama artinya seorang muslim menyempurnakan sebagian dari agamanya. Banyak manfaat yang bisa di peroleh dengan jalan menikah. Maka dari itu khusus bagi muslimah jika umur sudah cukup, calonpun sudah ada, dan dukunganpun ada, maka segeralah menikah. menikah dapat membuat hati menjadi tentram dan sejuk, dan terhindar dari fitnah.
8.    Berpuasalah
Masih ada kaitanya dengan tips sebelumnya, jika kalian belum siap untuk membangun rumah tangga maka di anjurkan untuk sering berpuasa. Karena puasa bisa menahan diri kita untuk berbuat maksiat ataupun bisa menjaga hawa nafsu dari berbagai godaan.
9.    Isi Hati Kita Dengan Berdzikir
Dzikir adalah suatu aktivitas agar kita selalu mengingat Allah, dzikir juga bisa menjadi  petugas keamanan untuk iri kita. Dengan kita sering berdzikir kita akan terjaga dari bisikan dan godaan setan-setan dan juga akan menjaga hati kita. ketika hati kita terjaga, maka lidah, lisan, kaki, tangan dan organ tubuh lainnya akan terjaga dengan sendirinya.
Created By : Diana Pertiwi

About admin

Check Also

KH. Achmad Chalwani : Kyai dan Pesantren Elemen Penumbuh Patriotisme Indonesia

Sukoharjo-Pengajian akbar dalam rangka Khotmil Qur’an dan Wisuda Amtsilati ke VII PP. Al Fattah Krapyak, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *